Rabu, 09 April 2014

Biodata SYAMSUAR HASYIM ( SYAM D'LIOYD )

Syamsuar Hasyim atau yang lebih dikenal sebagai Sam D'lloyd adalah vokalis dari group musik ternama era 70-an, D'lloyd.
Sam D'Lloyd adalah penyanyi grup musik D'Lloyd yang populer pada tahun 1970an-1980an. Pria berdarah Minangkabau yang bernama asli Syamsuar Hasyim ini didaulat sebagai vokalis utama sejak awal terbentuknya grup ini. Para Personil grup ini adalah  : - Syamsuar Hasyim (Sam) - Penyanyi utama, - Bartje Van Houten - ketua band/pemain gitar utama, - Andre Kasiman Gultom - flute/saxaphone/vokalis, - Chaerul Daud - drum/vokalis, - Budiman Palungan - keyboard, - Sangkan Panggabean (Papang) - bass, -Yustian - gitar kedua.
Kepopuleran D'LLoyd sebagai salah satu grup musik legendaris Indonesia tidak pernah padam sejak era 1970-an hingga kini. Beberapa lagu hits mereka yang populer seperti "Keagungan Tuhan", "Tak Mungkin", "Oh Di Mana", "Karena Nenek", "Semalam di Malaysia", "Cinta Hampa", dan "Mengapa Harus Jumpa" cukup mempesona serta meghibur. Selain itu juga ada lagu-lagu yang sangat populer lainnya seperti ; "Hidup Di Bui", "Sendiri", "Adinda Sayang", dll. Kebanyakan lagu-lagu hits dan popular D'Lloyd diciptakan oleh sang gitaris, Bartje Van Houten (Barce), di samping sang vokalis utamanya, Syamsuar Hasyim (Sam).
     Indonesia kembali kehilangan seorang tokoh musik nasional yang sangat legendaris. Kabar duka ini datang dari musisi senior Sam "D'Lloyd". Vokalis utama grup musik D'Lloyd ini meninggal dunia pada tanggal 9 Juni 2012, setelah sempat kritis dan di rawat di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta. Titiek Bartje Van Houten, istri dari Bartje pimpinan grup musik D'Lloyd, dalam pesan singkat yang diterima Okezone, Sabtu (9/6/2012) menuliskan "Telah meninggal dunia rekan kita musisi SAM D'Lloyd di RS Islam Cempaka Putih jam 07.15".
Syamsuar Hasyim meninggal di usia 64 tahun. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Sam sempat drop sepulang dari JohorMalaysia, pada 12 Mei lalu. Pada tanggal 7 Juni lalu, ia dibawa ke Rumah Sakit Islam Cempaka Putih karena kondisinya yang menurun drastis. Menurut pihak terdekat, Sam meninggal karena mengidap penyakit kanker.
Bartje Van Houten, gitaris D’Lloyd ini mengatakan bahwa Sam meninggal karena mengidap penyakit kanker paru-paru. Sayangnya penyakit ini baru diketahui oleh pihak keluarga setelah Sam dirawat di Rumah Sakit pada 7 Juni 2012 lalu. Bartje menceritakan bahwa selama ini Sam tidak pernah mengeluhkan tentang sakit yang dideritanya. Bahkan tanggal 25 Mei 2012 lalu, Sam masih sempat tampil bersama D’Lloyd.
Jenazah Sam "D'Lloyd" tiba di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta, sekira pukul 16.45 WIB. Tanpa menunggu lama, jenazah langsung dimasukkan ke dalam liang lahat. Karena informasinya mendadak, tidak banyak orang yang menghadiri acara pemakaman Syamsuar Hasyim ini. Hanya keluarga dan teman terdekat yang tampak di sana. Namun upacara pemakaman ini berjalan dengan sangat hikmat. Selamat jalan Sam, suara dan musikmu akan selalu menjadi bagian dari khazanah musik di Indonesia.
                                                                                     ( Narasumber : RAJA ENTERTAINMENT )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar